pesan

Kamis, 09 Januari 2014

Citilink Siap Terbang dari Halim, Garuda dan Air Asia Menyusul

Jakarta -Anak usaha PT Garuda Indonesia Airlines Tbk (GIAA) yaitu Citilink dipastikan terbang melalui Bandara Halim Perdanakusuma mulai 10 Januari 2014. Sedangkan 2 maskapai lainnya yaitu Garuda dan Air Asia segera menyusul karena masih ada kendala teknis yang harus dipersiapkan.

"Kalau nanti maskapai yang sudah siap beroperasi di Halim ini sementara hanya Citilink. Yang lain seperti Garuda dan Air Asia ada beberapa sistem yang belum siap dan mereka minta waktu termasuk SDM (Sumber Daya Manusia) nya," ungkap General Manager Angkasa Pura Bandara Halim Perdana Kusuma Iwan Khrishadianto saat ditemui detikFinance di Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta, Selasa (7/01/2013).

Iwan juga menegaskan maskapai yang terbang melalui bandara Halim maksimal hanya kena delay selama 45 menit. Hal itu terjadi apabila ada menunggu terbang atau mendaratnya tamu VIP sekelas presiden atau menteri.

"Maskapai yang masuk ke sini, sudah kita sampaikan maskapai harus bisa menerima kondisi contohnya saat di-delay karena adanya penerbangan pribadi.Delay itu terjadi pada saat menunggu tamu privasi jadi kalau saat datang/mendarat kita tutup sementara biasanya 45 menit, kalau kegiatan VVIP memang begitu," imbuhnya.

Ia menegaskan, maskapai yang sudah menyetujui terbang dari Halim sudah melakukan MoU kesepakatan dengan pengelola Bandara Halim Perdanakusuma. Salah satunya adalah ditutupnya kegiatan operasional umum bandara pada saat ulang tahun hari TNI.

"Kalau di sini ada Ultah TNI tanggal 5 Oktober dari jam sekian ke jam sekian itu bandara kita tutup dulu dan dialihkan ke Cengkareng. Hal itu sudah ada MoU," tuturnya.

Secara keseluruhan, per hari Bandara Halim mampu menampung 126 penerbangan baik berangkat maupun mendarat. Penerbangan komersial yang dilakukan di Bandara Halim terutama diperuntukan untuk tujuan domestik dan keberangkatan jamaah haji.

"Jadi sehari hanya untuk penerbangan komersil, kalau 24 jam itu 126 penerbangan baik berangkat dan mendarat. Kalau 16 jam itu hitungannya 72 flight. Itu nanti belum ditambah penerbangan pesawat carter dan kepresidenan tetap di sini. Tidak ada rute baru yang tujuan komersil hanya domestik flight. Penerbangan jamaah haji juga masih tetap di sini," cetusnya.
Sumber detik.com
---------------------------------
Tiketclub menyediakan tiket pesawat dalam dan luar negeri. Bagi anda yang berdomisili di sekitar Pamulang, Pondok Cabe, Muncul,Ciputat, silakan kontak kami untuk mengetahui harga dan jadwal pesawat.